Categories
News

Waspada, Ini Faktor-faktor Risiko yang Menjadi Penyebab Varises

Varises merupan penyakit yang tidak menular ataupun menurun, namun varises biasanya memang sering terjadi dalam satu ligkup keluarga. Secara garis besar penyebab varises karena penumpukan darah dalam pembuluh darah vena akibat dari melemah atau rusaknya katup vena sehingga tidak dapat menahan akumulasi darah.

Berikut ini adalah beberapa kemungkinan sebagai faktor risiko penyebab varises:

1. Faktor penyebab varises karena genetik

Varises sendiri bukan penyakit yang menurun. Namun, jika sang ibu yang mempunyai katup di pembuluh darah vena sangat besar kemungkinan untuk diturunkan pada sang anak. Hal inilah yang menjadi penyebab varises dari segi genetik.

2. Faktor penyebab varises karena jenis kelamin

Penyebab varises yang sering kali terjadi adalah karena jenis kelamin. Wanita mempunyai risiko dua kali terkena varises dibandingkan prian. Terlebih pada kondisi wanita hamil atau lanjut usia.
Penyebab varises ini dipengaruhi oleh fluktuasi hormon progesteron dan esterogen terhadap timbulnya urat-urat halus.

3. Faktor penyebab varises karena usia

Semakin bertambahnya umur maka pembuluh darah vena akan semakin kehilangan elastisitasnya sehingga mudah terjadi perenggangan dan melebar. Ini dapat menjadi salah satu penyebab varises secara alami yang terjadi pada orang lanjt usia.

4. Faktor penyebab varises karena berat badan

Obesitas atau berat badan yang berlebih dapat membuat katup pembuluh darah vena mendapatkan tekanan berlebih sehingga fungsinya menurun. Maka dari itu orang dengan berat badan berlebih membuat risiko penyebab varises lebih tinggi.

5. Faktor penyebab varises karena kebiasaan dan pekerjaan

Pekerjaan yang membuat kaki sering berdiri dan menggunakan sepatu high heels meningkatkan risiko penyebab varises. Hal ini terjadi karena pembuluh darah vena akan mendapat tekanan dan beban lebih lama saat berdiri dan menjadi penyebab varises.

6. Faktor penyebab varises karena gaya hidup tidak sehat

Jika karena orang sudah lanjut usia menjadikan risiko penyebab varises secara alami maka untuk yang masih berusia muda juga dapat menjadi risiko penyebab varises dikarenakan gaya hidup yang tidak sehat. Misalnya saja makan makanan yang mengandung kolestrol tingg dan kurangna berolahraga.

7. Faktor penyebab varises karena olahraga yang terlalu berat

Pasalnya, olahraga memang untuk menyehatkan tubuh namun olahraga berat seperti angkat barbel, tarik tambang atau olahraga lain yang membutuhkan kekuatan dorongan dapat menjadi penyebab varises.

Olahraga yang berat meningkatkan suplai darah ke pembuluh darah vena, namun penyebab varises sendiri adalah karena inkompetensi daripada vena itu sendiri. Jika suplai darah yang meningkat tapi tidak dapat tersalurkan dengan baik akan terjadi penumpukan, melebar dan membesar pada pembuluh darah.

8. Faktor penyebab varises karena kehamilan

Biasanya penyebab varises pada wanita terjadi pada saat hamil. Ketika rahim mulai membesar maka volume darah juga meningkat mengakibatkan tekanan pada pembuluh darah vena yang membuat otot vena menjadi lebih rileks dan perlindungan katup melemah. Oleh karena ini menjadi penyebab varises tersebut.

9. Faktor penyebab varises karena masalah kesehatan lainnya

Penyebab varises juga dipengaruhi oleh masalah kesehatan lainnya, contohnya saja cacat pembuluh darah, pembengkakan atau tumor dalam rongga pinggul dan beberapa penyakit yang dapat membuat darah menggumpal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *