Categories
News

Kereta LRT Kurangi Macet Sekaligus Dongkrak Properti Bagian 2

Proses pembangunan monorel yang rumit dan memakan bujet besar, membuat proyek ini mandek dan jalan di tempat. Tersendatnya proyek monorel melahirkan konsep LRT. LRT merupakan sistem transportasi massa yang konstruksinya ringan dan bisa berjalan bersama lalu lintas lain atau dalam lintasan khusus. Sebenarnya Indonesia pernah mengembangkan konsep ini pada zaman kolonial Belanda, yang dikenal dengan nama trem.

Baca juga : “ Distributor Genset Surabaya

Namun, karena tidak dirawat dengan baik, trem pun sering mogok sehingga lama kelamaan mulai ditiadakan. Konsep trem kembali dipopulerkan saat ini dengan mengusung nama yang lebih modern. LRT Jakarta nantinya akan menghubungkan Bodetabek dengan pusat kota. Posisi stasiun LRT akan dibuat berdekatan dengan lokasi bisnis dan perkantoran. Sehingga, pengguna yang bekerja di Jakarta hanya perlu berjalan kaki sebentar untuk mencapai lokasi.

Hendra Hartono, CEO Leads Property Services Indonesia, mengungkapkan proyek LRT menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan moda transportasi di Ibu Kota. Lebih banyaknya kawasan yang dilalui LRT membuat pemerintah yakin, moda transportasi ini dapat mengurangi volume kendaraan di Ibu Kota. Di sisi lain, akses yang mudah menuju ke pusat kota dapat membuat banyak orang tidak ragu untuk tinggal di luar Jakarta.

Perkembangan Kawasan Sekitar LRT

Adanya LRT tak hanya mengatasi masalah kemacetan. Arief menuturkan dengan adanya proyek pembangunan LRT, ia optimis kawasan-kawasan yang terlalui oleh transportasi ini akan mengalami perkembangan pesat. Properti yang akan banyak bermunculan lebih didominasi apartemen.

Diprediksi, peminat hunian di kawasan ini lebih mengarah pada investor, keluarga muda, mahasiswa, dan para pekerja komuter yang berkerja di sekitar kawasan tersebut. “Kami mengamati akan ada sekitar 70% pembeli properti ini adalah investor, selebihnya keluarga muda, mahasiswa, dan pekerja kantoran yang bekerja di sekitar kawasan LRT,” ujar Arief menjelaskan.

Dengan adanya kemudahan akses dan kehadiran transportasi baru, membuat harga kawasan di sekitarnya akan melambung tinggi. Kenaikan harga akan berlangsung secara bertahap, mulai dari realisasi pembangunan hingga proyek sudah dapat dioperasikan.

Saat ini, fase pertama pembangunan sudah mulai dilakukan di kawasan Cibubur dan Bekasi, depan Taman Mini Indonesia Indah. Pembangunan ditargetkan rampung pada akhir 2016 mendatang. Jadi, jika Anda berencana ingin membeli hunian atau investasi, Anda bisa memilih di daerah terdekat dengan jalur LRT ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *