Categories
Tekno

Cooler Master Seidon 240M Penyempurna dari Generasi Sebelumnya

CoolerMaster merupakan salah satu produsen tenar di produk pendingin dan casing. Kali ini, Cooler Master mengirimkan sample produknya ke meja redaksi CHIP. Sebuah pendingin watercooling dengan close loop system dengan radiator dan pendingin sudah terisi cairan pendingin. Produk ini sudah teruji untuk tahan terhadap tekanan dan dijamin bebas perawatan. Radiator 240mm berteknologi UltraFine Micro Channels merupakan desain khas dari Coolermaster, dilengkapi dua buah kipas pendingin berukuran 12cm.

Watercooling ini dapat diaplikasikan ke produk AMD maupun Intel yang masih beredar di pasaran. Pemasangannya pun tergolong mudah. Hanya saja Cooler Master tidak menyediakan toolkit untuk pemasangan watercooling. Cooler Master Seidon 240M ini dilengkapi dengan 3pin power untuk mengawasi putaran watercooling. Selain itu dua buah fan yang terpasang di radiator juga menggunakan dual PWM yang secara otomatis mengatur putaran kipas ketika full load maupun idle.

Dalam paket penjualan juga terdapat Anti Vibration Rubber Pads yang berguna untuk meredam getaran sekaligus suara yang dihasilkan. Pengguna yang masih awam tentang pemasangan watercooling tidak perlu khawatir. Cooler Master menyediakan manual yang sangat lengkap dan terperinci. Saat PC dinyalakan, terdapat indikator berwarna biru yang menandakan watercooling ini menyala dan berjalan normal. Sayangnya, tidak ada software tambahan khusus untuk mengontrol putaran fan ataupun memonitor suhu.

Dari hasil pengujian, watercooling dari Coolermaster ini mampu menunjukkan performanya dengan sangat baik. Pengujian yang dilakukan antara lain menggunakan software CPU stress tester seperti Intel Burn Test dan prime 95. Suhu maksimum yang dihasilkan adalah 64 derajat. Sedangkan pada saat idle, suhu yang didapat adalah 29 derajat. Secara keseluruhan watercooling ini mengesankan apalagi harganya pun relatif terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *